..PENGERTIAN PELUANG USAHA..
Kata “Peluang Usaha” terdiri dari dua kata, yaitu; Peluang yang artinya kesempatan, dan Usaha yang artinya upaya dengan berbagai daya untuk mencapai tujuan atau sesuatu yang diinginkan.
Secara sederhana, pengertian peluang usaha adalah kesempatan yang dimiliki seseorang untuk mencapai tujuan (keuntungan, uang, kekayaan) dengan cara melakukan usaha yang memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimiliki.
..SUMBER USAHA..
Sumber peluang usaha dapat muncul dari diri sendiri, lingkungan, gagasan orang lain, informasi yang diperoleh, perubahan dalam pemerintahan, maupun dari konsumen.
1. Peluang dari Diri Sendiri
Peluang yang berasal dari diri sendiri bisa disebabkan hobi, keahlian, pengetahuan, dan latar belakang dari pendidikan yang telah diperolehnya. Peluang yang bersumber dari dalam diri sendiri adalah peluang yang paling potensial dan sangat besar rasio kesuksesannya. Adapun alasannya sebagai berikut.
a. Usaha membutuhkan proses yang panjang, bahkan bisa seumur hidup sehingga membuat Anda bahagia dan sukses.
b. Usaha membutuhkan konsistensi dan komitmen yang tinggi, sehingga kunci kesuksesannya adalah Anda mencintai pekerjaan atau usaha tersebut.
c. Kesuksesan usaha adalah akumulasi dari kesuksesan menakhlukkan kegagalan demi kegagalan hingga semuanya bisa terwujud.
2. Peluang dari Lingkungan
Peluang dan inspirasi usaha yang timbul dari lingkungan antara lain bisnis orang tuanya; lingkungan rumah, yaitu tetangga, teman sekolah, dan teman di rumah; kebiasaan yang dilihat ketika pergi atau berangkat sekolah; saat berkunjung ke berbagai tempat.3. Peluang dari Gagasan Orang Lain
Kadang kala ide gagasan dari orang lain dapat menjadi peluang usaha. Misalnya, sesama ibu-ibu yang menunggu putranya sekolah saling bercerita, kemudian salah satu dari mereka menyeletuk seandainya saja sekolah mengadakan sarana antarjemput bagi siswa-siswi yang membutuhkan dia tidak usah menunggu anaknya di sekolah. Hal ini merupakan peluang usaha bagi yang orang lain yang mendengar, karena bisa memberdayakan mobil pribadinya untuk sarana antarjemput anak sekolah.4. Peluang dari Informasi yang Diperoleh
Informasi bisa menjadi sebuah peluang usaha pada orang yang mampu menghubungkan antara pengalaman dan pengetahuan yang dimilikinya. Misalnya, harga kain batik Solo sangat mahal di Banjarmasin. Seseorang yang mengetahui di mana dia bisa membeli batik Solo dengan murah, membeli batik di Solo, kemudian menjualnya di Banjarmasin. Hal semacam ini merupakan contoh informasi yang menjadi peluang usaha.5. Peluang dari Perubahan yang Terjadi
Perubahan lingkungan, kondisi negara, atau kondisi dunia dapat menyebabkan timbulnya peluang usaha. Misalnya, harga kedelai import naik, maka kesempatan bagi petani dalam negeri untuk mena'nam kedelai sebagai pengganti suplai kedelai dari luar negeri.6. Peluang dari Konsumen
Suara-suara dari konsumen bisa menjadi peluang usaha yang baru. Suara-suara konsumen tersebut misalnya:a. keluhan-keluhan konsumen,
b. saran-sarari dari konsumen,
c. permintaan khusus dari konsumen atau calon konsumen,
d. angan-angan yang diinglnkan konsumen tentang produk atau jasa tertentu,dan
e. harapan dari konsumen tentang produk atau jasa Anda.
..MENGANALISIS PELUANG USAHA..
Menganalisis Peluang Usaha dengan Analisis SWOT
Untuk dapat menganalisis peluang usaha bisa dengan menggunakan Analisis SWOT yaitu,
A. Strength adalah kekuatan apa yang akan mendukung usaha kita untuk mencapai sasaran
B. Weakness adalah kelemahan apa yang membatasi atau menghambat usaha kita.
C. Opportunity adalah peluang usaha apa saja yang menguntungkan dan sesuai dengan kemampuan
D. Threat adalah Ancaman apa saja yang terjadi saat kita berusaha
Untuk dapat menganalisis peluang usaha bisa dengan menggunakan Analisis SWOT yaitu,
A. Strength adalah kekuatan apa yang akan mendukung usaha kita untuk mencapai sasaran
B. Weakness adalah kelemahan apa yang membatasi atau menghambat usaha kita.
C. Opportunity adalah peluang usaha apa saja yang menguntungkan dan sesuai dengan kemampuan
D. Threat adalah Ancaman apa saja yang terjadi saat kita berusaha
Analisis Peluang Usaha berdasar jenis Produk/Jasa
A. Minat seseorang, misalnya berminat dalam dunia perdagangan, jasa atau bidang lainya.
B. Modal,apakah sudah tersedia modal awal atau belum, baik dalam bentuk uang maupun barang/mesin.
C. Relasi, apakah ada keluarga atau teman yang sudah terlebih dahulu menekuni usaha yang sama.
Di samping itu, memiliki bidang usaha juga harus mempertimbangkan hal berikut :
A. Pengaruh lingkungan sekitar.
B. Banyak sedikitnya poermintaan masyarakat terhadap jenis usaha yang akan kita pilih.
C. Kecocokan antara kebutuhan masyarakat dengan jenis usaha tertentu.
D. Banyak sedikitnya pesaing.
E. Adanya kemampuan untuk bertahan dan memenangkan persaingan.
Contoh peluang usaha dibidang Jasa yang sangat dibutuhkan masyarakat, antara lain sebagai berikut :
1. Jasa servis
2. Jasa hiburan
Contoh : Bioskop, Kafe, Layar Tancap, dan sebagainya.
3. Jasa transportasi
Contoh : Menyediakan Angkutan antar jemput anak sekolah, Rental Mobil, dan sebagainya.
Analisis Peluang Usaha Berdasar Minat dan daya beli Konsumen.
A. Minat seseorang, misalnya berminat dalam dunia perdagangan, jasa atau bidang lainya.
B. Modal,apakah sudah tersedia modal awal atau belum, baik dalam bentuk uang maupun barang/mesin.
C. Relasi, apakah ada keluarga atau teman yang sudah terlebih dahulu menekuni usaha yang sama.
Di samping itu, memiliki bidang usaha juga harus mempertimbangkan hal berikut :
A. Pengaruh lingkungan sekitar.
B. Banyak sedikitnya poermintaan masyarakat terhadap jenis usaha yang akan kita pilih.
C. Kecocokan antara kebutuhan masyarakat dengan jenis usaha tertentu.
D. Banyak sedikitnya pesaing.
E. Adanya kemampuan untuk bertahan dan memenangkan persaingan.
Contoh peluang usaha dibidang Jasa yang sangat dibutuhkan masyarakat, antara lain sebagai berikut :
1. Jasa servis
2. Jasa hiburan
Contoh : Bioskop, Kafe, Layar Tancap, dan sebagainya.
3. Jasa transportasi
Contoh : Menyediakan Angkutan antar jemput anak sekolah, Rental Mobil, dan sebagainya.
Analisis Peluang Usaha Berdasar Minat dan daya beli Konsumen.
Untuk mengetahui besar-kecilnya minat masyarakat terhadap usaha yang kita dirikan, kita bisa melakukan Observasi. Observasi ini bisa dilakukan dengan cara :
A. Mengadakan pengamatan langsung ke pasar,
B. Melakukan wawancara,
C. Memberikan angket untuk diisi oleh calon konsumen.
Cara kedua yaitu kita harus meneliti siapa konsumen yang akan menggunakan produk kita.
Hubungan antara minat, daya beli dan kelangsungan usaha adalah dapat digambarkan sebagai berikut :
A. Minat besar, daya beli kuat, kelangsungan usaha terjamin.
B. Minat besar, daya beli rendah, kelangsungan usaha terhambat.
C. Minat rendah, daya beli rendah, usaha tidak dapat berlangsung.
Menganalisis Kemungkinan Keberhasilan dan Kegagalan Usaha
Faktor-faktor yang mendukung keberhasilan usaha diantaranya sebagai berikut :
1. Adanya perencanaan yang tepat dan matang serta dapat dilaksanakan dengan baik.
2. Adanya Visi, Misi, dan dedikasi yang tinggi dalam usaha.
3. Adanya komitmen tinggi dalam berusaha.
4. Adanya SDM (Sumber Daya Manusia) yang handal dan didukung teknologi yang tinggi.
5. Adanya manajemen usaha yang baik.
6. Adanya peningkatan permintaan barang dan jasa.
7. Adanya dana yang cukup.
8. Adanya keterampilan dan pengalaman dalam bidang usaha.
9. Adanya minat terhadap bidang usaha.
10. Adanya kebutuhan konsumen yang terpuaskan.
11. Adanya sarana dan prasarana penunjang usaha.
Seorang pelaku bisnis bisa gagal desebabkan oleh beberapa hal, antara lain sebagai berikut :
1. Manajer yang tidak kompeten atau tidak berpengalaman
2. Kurangnya perhatian dan kurang memberikan komitmen yang penuh kepada usahanya
3. Lemahnya system control
4. Kurangnya modal
5. Kalah bersaing
Persiapan dan langkah – langkah menganalisis peluang usaha
Persiapan dan langkah langkah, antara lain sebagai berikut :
A. Membuat sketsa bidang usaha yang hendak ditekuninya
B. Penyedian modal
C. Mengurus izin usaha
D. Menyiapkan tenaga kerja
E. Menyiapkan sarana dan prasarana
F. Menyiapkan bahan baku
G. Menetapkan lokasi usaha
H. Menetapkan metodologi usaha
I. Menetapkan teknologi usaha
J. Menetapkan manajemen usaha
K. Mencari mitra usaha
B. Minat besar, daya beli rendah, kelangsungan usaha terhambat.
C. Minat rendah, daya beli rendah, usaha tidak dapat berlangsung.
Menganalisis Kemungkinan Keberhasilan dan Kegagalan Usaha
Faktor-faktor yang mendukung keberhasilan usaha diantaranya sebagai berikut :
1. Adanya perencanaan yang tepat dan matang serta dapat dilaksanakan dengan baik.
2. Adanya Visi, Misi, dan dedikasi yang tinggi dalam usaha.
3. Adanya komitmen tinggi dalam berusaha.
4. Adanya SDM (Sumber Daya Manusia) yang handal dan didukung teknologi yang tinggi.
5. Adanya manajemen usaha yang baik.
6. Adanya peningkatan permintaan barang dan jasa.
7. Adanya dana yang cukup.
8. Adanya keterampilan dan pengalaman dalam bidang usaha.
9. Adanya minat terhadap bidang usaha.
10. Adanya kebutuhan konsumen yang terpuaskan.
11. Adanya sarana dan prasarana penunjang usaha.
Seorang pelaku bisnis bisa gagal desebabkan oleh beberapa hal, antara lain sebagai berikut :
1. Manajer yang tidak kompeten atau tidak berpengalaman
2. Kurangnya perhatian dan kurang memberikan komitmen yang penuh kepada usahanya
3. Lemahnya system control
4. Kurangnya modal
5. Kalah bersaing
Persiapan dan langkah – langkah menganalisis peluang usaha
Persiapan dan langkah langkah, antara lain sebagai berikut :
A. Membuat sketsa bidang usaha yang hendak ditekuninya
B. Penyedian modal
C. Mengurus izin usaha
D. Menyiapkan tenaga kerja
E. Menyiapkan sarana dan prasarana
F. Menyiapkan bahan baku
G. Menetapkan lokasi usaha
H. Menetapkan metodologi usaha
I. Menetapkan teknologi usaha
J. Menetapkan manajemen usaha
K. Mencari mitra usaha
..MENGURAIKAN RESIKO USAHA..
Komentar
Posting Komentar